Meningkatkan Kualitas PASUDAIQON Melalui Diklat

SMK Islamic Qon, Gresik – Pasudaiqon merupakan sebutan bagi pasukan khusus yang ada di SMK Islamic Qon. Selain sebagai pasukan yang piawai menjadi petugas upacara, Pasudaiqon juga mampu menunjukkan kemampuannya dalam hal baris-berbaris. Terbukti pada bulan Agustus tahun 2019 ini, Pasudaiqon gen 1 mampu meraih Juara II Gerak Jalan Tingkat Kecamatan Manyar – Gresik. Meskipun terbilang baru, tim yang memiliki solidaritas dan semangat tinggi ini mampu menunjukkan kemajuannya secara siginifikan.

Dalam rangka meningkatkan kedisiplinan, mempererat solidaritas, serta membentuk kekuatan mental dan fisik, Pasudaiqon mengikuti kegiatan diklat generasi 2. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 27, 28, 29 September 2019 dan kegiatan puncak diklat pada tanggal 4, 5, 6 Oktober 2019 di sekolah. Untuk berhasil menjadi anggota Pasudaiqon tidaklah mudah, terdapat banyak tantangan yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut. Sebelum mengikuti diklat para calon anggota wajib mengikuti pelatihan Paskibra. Hal tersebut harus dijalani calon peserta guna untuk dilatih secara fisik dan mental terlebih dahulu. Kegiatan pradiklat tersebut harus dilalui calon peserta di beberapa waktu, sesuai jadwal yang telah ditentukan panitia. Hari pertama, kegiatan diklat dibuka dengan upacara dan penyematan name tag yang dipimpin langsung oleh Bapak Kepala Sekolah SMK Islamic Qon, yaitu Bapak Ubaidillah, S.T. Beliau berharap bahwa Pasudaiqon gen 2 dapat menjadi pelopor kedisiplinan dan dapat menjadi generasi penerus yang unggul di bidangnya, sehingga dapat membawa nama baik sekolah di kancah yang lebih luas.

Selama enam hari kegiatan, peserta diklat dibekali berbagai macam ilmu. Tidak hanya berkegiatan di lapangan, peserta juga diberikan berbagai macam materi. Mulai dari materi PBB, materi kepemimpinan, materi kekeluargaan, hingga materi untuk persiapan sebagai Paskibraka. “Selain langsung terjun ke lapangan, peserta juga mendapatkan materi dasar yang sesuai dengan kebutuhan mereka,”dipertegas oleh pelatih Pasudaiqon Nazar Rusly, S.M. Kegiatan diklat generasi 2 diikuti sekitar 29 peserta dan didampingi oleh 3 pelatih. Terik panas matahari dan dinginnya udara malam, tak mampu menembus semangat yang dimiliki setiap peserta diklat. Terbukti seluruh rundown acara dapat mereka ikuti dengan baik. Mulai dari kegiatan pagi dengan berolahraga dan materi, kegiatan siang PBB di lapangan, hingga kegiatan pensi dan jurit malam, dapat berjalan dengan lancar. Di puncak acara, tepatnya hari Minggu 13 Oktober 2019 pukul 06.00 WIB, mereka melaksanakan kegiatan pengukuhan dengan cara yang berbeda. Peserta diklat dibagi menjadi kelompok kecil dan membentuk lingkaran dengan berpelukan, setelah itu bendera merah putih diletakkan di atas kepala mereka dan bersama-sama menyanyikan lagu Syukur dengan penuh penghayatan.

Selamat kepada siswa yang telah terpilih menjadi anggota Pasudaiqon generasi 2. Semoga anggota Pasudaiqon generasi 2 dapat memegang amanah, tanggung jawab, dan menjadi pelopor kedisiplinan yang dapat dicontoh oleh siswa lain

Previous Article
Next Article