SMK ISLAMIC QON SATU LANGKAH LEBIH UNGGUL MENGGUNAKAN LMS: SELAMA PANDEMI COVID-19

 

 

Dalam kondisi pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini, semua orang diharapkan untuk tetap berada di rumah dan melakukan kegiatan menjaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing) demi meminimalisasi penularan. Di sisi lain, pemerintah juga harus tetap memikirkan keberlangsungan pendidikan untuk anak-anak. Oleh karena itu, semua sekolah wajib melaksanakan kegiatan pembelajaran secara online (daring). Hal itu juga sejalan dengan surat edaran yang telah resmi dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Nomor 420/1880/101.1/2020 tertanggal 21 bulan Maret Tahun 2020.

Daring yang dilakukan SMK Islamic Qon cukup berbeda dengan sekolah lain pada umumnya. Di saat sekolah lain banyak menggunakan google classroom dan sejenisnya sebagai media daring untuk pembelajaran, maka tidak dengan SMK Islamic Qon. SMK Islamic Qon satu langkah lebih unggul dengan menggunakan sistem LMS (Learning Management System). LMS (Learning Management System) merupakan sistem komputer yang dikembangkan secara khusus untuk mengelola kursus online, mendistribusikan materi pelajaran dan memungkinkan kolaborasi antara siswa dan guru. LMS juga dapat diterapkan untuk penerimaan tugas secara digital dan guru tetap bisa berhubungan dengan siswa setiap hari. Jadi, bisa dikatakan bahwa LMS menjadi tulang punggung sebagian besar aktivitas e-learning di sekolah. LMS ini resmi digunakan sebagai e-learning di SMK Islamic Qon sejak bulan Oktober 2019 lalu. LMS ini bisa digunakan oleh seluruh siswa dan guru SMK Islamic Qon dengan mengakses ke lms.smkiqon.sch.id setiap waktu.

Tuntutan yang harus dilakukan oleh seluruh satuan pendidikan saat ini cukup besar. Terutama bagi satuan pendidikan dengan tingkat yang cukup tinggi seperti SMK. “Dengan adanya LMS ini, saya berharap semua elemen di SMK Islamic Qon bisa memanfaatkannya dengan maksimal. Dengan begitu siswa dapat mengikuti pembelajaran dan mendapat hasil sesuai yang diharapkan, meskipun tidak bertatap muka secara langsung” tutur Bapak Ubaidillah, S.T., selaku Kepala SMK Islamic Qon. Selain menyiapkan SDM yang berakhlak mulia dan unggul di berbagai bidang, SMK Islamic Qon juga siap dalam menyongsong revolusi industri 4.0.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Previous Article
Next Article